4 Cara Terhindar dari Mulut Bau Bawang

April 29, 2022 | Claudia

Mulut bau bawang

Penggunaan bawang putih, bawang bombay, dan bawang merah memang dapat menambah cita rasa makanan Anda. Selain membuat makanan menjadi lebih enak, mengonsumsi bawang-bawangan ini juga mampu memberikan manfaat kesehatan untuk Anda. Sayangnya, makan bawang juga bisa menyebabkan halitosis atau bau mulut, terutama jika dimakan secara mentah.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa membantu Anda terbebas dari mulut bau bawang, yakni:

Minum air

Minum air putih setelah makan bisa mengangkat sisa-sisa bawang dari lidah atau sela-sela gigi. Ini juga merangsang produksi liur yang dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau dari mulut.

Melakukan flossing gigi

Bakteri yang menyebabkan bau mulut biasanya ditemukan pada plak dan di bawah garis gusi. Melakukan flossing gigi usai makan dapat secara signifikan mengurangi jumlah bakteri di mulut dan menghilangkan penyebab bau mulut lainnya, termasuk plak dan sisa-sisa makanan.

YesDok Ads

Gunakan sikat lidah

Tak hanya gigi, lidah juga harus dibersihkan agar Anda terhindar dari masalah mulut bau bawang. Lidah, langit-langit mulut, dan bagian belakang lidah merupakan tempat ideal bagi bakteri untuk berkumpul dan berkembang.

Menggunakan sikat lidah setiap hari dapat menghilangkan sel kulit mati, mikroba, dan partikel kecil makanan yang tersisa di lidah atau langit-langit mulut. Ini kemudian dapat membuat mulut menjadi lebih bersih dan membantu Anda terbebas dari bau mulut.

Berkumur

Obat kumur yang beraroma tajam, seperti peppermint atau jeruk, dapat menutupi bau bawang yang tidak sedap. Beberapa riset menyarankan untuk menggunakan obat kumur yang mengandung klorin dioksida, yang disebut sangat efektif dalam menghilangkan lak, bakteri, dan sisa-sisa makanan di mulut.

(Foto: mydr.com.au)

YesDok Ads