4 Cara Atasi Nyeri di Kaki

October 01, 2020 | Claudia

Nyeri di kaki

Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering kita gunakan untuk bekerja. Setiap harinya, kaki membawa kita ke berbagai tempat, membuat kita berpindah, dan membuat kita bergerak.

Hal inilah yang membuat kaki rentan mengalami nyeri atau sakit. Tapi, nyeri pada kaki umumnya bukanlah masalah yang serius, sehingga Anda bisa segera mengobatinya sendiri di rumah. Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan jika ingin meredakan nyeri di kaki. Berikut ini kami berikan rekomendasinya untuk Anda:

Kompres es

Kompres dingin atau kompres es dapat membantu meredakan nyeri di kaki. Kompres es bisa sangat berguna bagi Anda yang menderita nyeri pada persendian kaki akibat trauma, infeksi, peradangan, arthritis, bursitis, atau asam urat.

Namun, Anda perlu mengingat bahwa es tidak boleh ditempelkan langsung pada kulit. Bungkus es terlebih dahulu dengan kain atau handuk bersih, kemudian kompres kaki Anda yang sakit sekitar 15-20 menit sekali.

Selain itu, Anda juga bisa meletakkan botol air dingin atau beku pada lantai, dan gulingkan kaki Anda yang sakit di atas botol. Ini dapat sangat berguna bagi penderita plantar fasciitis.

Pakai sepatu atau alas kaki yang berbeda

Sepatu atau alas kaki lainnya yang tidak pas atau tidak nyaman dapat menyebabkan berbagai jenis nyeri kaki. Jika Anda masih memaksakan diri memakai sepatu yang tidak nyaman, Anda dapat mengalami nyeri hingga bengkak di kaki. Gantilah segera sepatu Anda dengan ukuran yang pas dan memiliki bantalan yang nyaman untuk kaki.

YesDok Ads

Penderita plantar fasciitis, yang menyebabkan nyeri di bagian bawah tumit, harus mencoba memakai sepatu dengan sol tebal dan empuk. Menggunakan insole dengan bantalan juga dapat membantu.

Memakai sepatu yang nyaman juga dapat membantu mencegah kuku kaki tumbuh ke dalam, yang bisa sangat menyakitkan. The American College of Foot and Ankle Surgeons menyarankan siapa pun yang mengalami kondisi kuku tumbuh ke dalam harus segera memeriksakan kondisi ke dokter. Sembarangan memotong kuku bisa menambah masalah.

Mengangkat kaki

Angkatlah kaki Anda ke atas kursi atau bangku ketika Anda sedang duduk. Ini bisa menjadi cara sederhana yang dapat meredakan kaki yang sakit, lelah, atau bengkak. Selama kehamilan, kelebihan cairan bisa menumpuk di kaki, menyebabkan kaki membengkak. Mengangkat kaki sebanyak mungkin dapat membantu mencegah pembengkakan di kaki.

Merendam kaki

Rendamlah kaki Anda yang sakit atau nyeri dan lelah ke dalam sebaskom penuh air hangat. Anda juga bisa menambahkan garam epsom ke dalam air untuk membantu mengurangi rasa sakit lebih lanjut.

(Foto: verv.com)

YesDok Ads