4 Cara Atasi Kapalan di Kulit

October 03, 2019 | Claudia

Coba raba area telapak tangan dan kaki Anda, apakah Anda merasakan ada kulit yang tebal, keras dan kasar? Jika ada, maka Anda mungkin mengalami kapalan. Kapalan merupakan salah satu masalah di kulit yang menimpa banyak orang. Kapalan ditandai dengan kulit yang menebal, mengeras dan bertekstur kasar.

Kapalan merupakan suatu bentuk perlindungan kulit terhadap gesekan dan tekanan. Biasanya kapalan akan muncul di area telapak kaki, telapak tangan, dan buku-buku jari Anda. Kapalan bisa mengurangi sensitivitas kulit dan mengubah warna kulit menjadi kekuningan.

Jika Anda tak mau mengalami kapalan, maka beberapa hal ini harus Anda perhatikan:

Pakai sepatu yang tepat

Gunakanlah sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki Anda. Jangan gunakan lagi sepatu yang sudah terlalu kecil dan sempit. Pemakaian sepatu yang tak sesuai ukuran kaki bisa memicu terjadinya kapalan. Sementara pemakaian sepatu yang tepat dapat menjaga kesehatan kulit di area kaki.

Kurangi pemakaian sepatu hak tinggi

YesDok Ads

Sepatu hak tinggi memang akan menambah daya tarik perempuan yang memakainya. Ini akan membuat kaki terlihat lebih jenjang, dan tampilan seseorang lebih sensual. Tapi, ujung sepatu hak tinggi yang lancip dapat menyebabkan kaki mengalami kapalan. Untuk itu, pilihlah sepatu hak tinggi yang nyaman, dan usahakan untuk tidak terlalu sering memakainya. Hindari pula sepatu dengan hak yang terlalu tinggi.

Rutin ganti sepatu

Meski terasa nyaman, tetap memakai sepatu yang mulai menunjukkan tanda kerusakan bisa memicu terjadinya kapalan. Lapisan sepatu atau sol yang sudah rusak akan kurang mampu melindungi kaki saat berjalan pada permukaan yang keras. Perbaiki atau ganti sepatu Anda yang sudah rusak secara jika Anda tak ingin mengalami kapalan.

Rendam air hangat

Merendam kaki ke dalam air hangat juga bisa membantu mengatasi kapalan di kulit telapak kaki. Ini dapat membantu melunakkan kulit yang mengalami kapalan sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk menyingkirkannya.

Selain dengan air hangat, penggunaan pelembap juga dapat melunakkan bagian kulit yang kapalan. Anda juga dapat menyingkirkan lapisan kulit yang keras dengan menggunakan bantuan batu apung, kikir kuku atau kain lap.

YesDok Ads