3 Tips dari Ahli untuk Anda yang Memiliki Masalah Kesulitan Tidur

February 25, 2022 | Helmi

tidur

“Untuk mendapatkan ritme tidur kembali sinkron, kita perlu melatih otak kita untuk tidur,” kata Psikolog Klinis dan Pakar Tidur, Michael Grandner. 

Dia memimpin program penelitian tidur dan kesehatan di University of Arizona, dan Behavioral Sleep Medicine Clinic di Banner-University Medical Center di Tucson.

"Tidur sangat dapat diprogram dan beradaptasi dengan situasi," kata Grander. "Jadi ciptakan situasi yang Anda inginkan untuk beradaptasi, sering-seringlah melakukannya."

Grander juga tak sungkan membagikan cara untuk melatih otak Anda agar mudah tertidur.

1. Buat jadwal, dan patuhi itu

Melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh tubuh untuk mengatur saat Anda mengantuk dan saat bangun. Saat malam menjelang, kadar melatonin meningkat, menjadi sinyal utama bagi tubuh bahwa sudah waktunya untuk tidur. 

Produksi melatonin dihentikan oleh cahaya, jadi kadarnya turun secara alami saat siang hari mendekat, membuat Anda siap untuk menyambut hari itu.

“Agar bekerja dengan baik, pelepasan hormon ini perlu terjadi secara teratur. Jadi jika waktu tidur dan bangun Anda berubah dari hari ke hari atau di akhir pekan, katanya, ritme tidur Anda tidak dapat diprediksi dan tubuh tidak tahu bagaimana meresponnya,” ujar Gardner.

Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memiliki waktu bangun yang standar, bahkan pada akhir pekan, liburan, atau setelah tidur malam yang buruk.

"Kita tidak selalu bisa mengontrol saat kita mengantuk tapi kita bisa mengontrol saat kita bangun, yang mengaktifkan sedikit pengatur waktu di otak yang mengatur ritme kita untuk tidur," kata Grandner.

"Otak menyukai keteraturan dan prediktabilitas," tambahnya. "Bangun pada waktu yang sama setiap hari, dan kemudian menambahkan cahaya dan gerakan segera setelah Anda bangun, akan mengatur ritme Anda yang lain untuk hari itu dan memberi Anda peningkatan energi dan suasana hati."

YesDok Ads

2. Jangan berbaring di tempat tidur dalam keadaan terjaga

“Ini adalah aturan emas dalam pengobatan tidur, didukung oleh data puluhan tahun," kata Grandner. Faktanya, dia mengatakan bahwa tips ini sangat kuat sehingga ketika digunakan di klinik tidurnya, "bahkan dapat mengalahkan resep obat tidur."

"Tips tidur terbaik yang bisa Anda berikan kepada seseorang adalah bangun, jangan berbaring di tempat tidur dalam keadaan terjaga," kata Grandner. "Entah awal malam atau tengah malam, kalau sudah bangun selama 20 atau 30 menit, bangun dan reset. Mungkin hanya perlu lima menit untuk mengantuk, atau mungkin satu jam, tapi jangan menghabiskan waktu itu terjaga di tempat tidur."

“Mengapa itu begitu penting? Karena berbaring di tempat tidur dalam keadaan terjaga dapat membentuk asosiasi di otak Anda yang dapat menyebabkan insomnia kronis,” Grandner menjelaskan. 

Alih-alih menjadi tempat yang tenang di mana Anda tertidur dengan damai, tempat tidur Anda menjadi tempat yang gelisah di mana Anda berguling-guling dan bangun dengan lelah.

3. Ubah sikap Anda tentang tidur

Banyak orang menganggap tidur sebagai hal terakhir yang harus mereka lakukan di hari yang padat, layak ditunda untuk mengejar pekerjaan rumah, pekerjaan sekolah, pekerjaan kantor, atau serial televisi terbaru.

"Jangan melihat tidur Anda sebagai jumlah waktu yang tersisa di hari Anda," sarannya. "Lihatlah tidur Anda sebagai jumlah waktu yang Anda butuhkan untuk mempersiapkan diri Anda untuk hari esok yang produktif."

“Ini mungkin terdengar seperti perubahan kecil dalam berpikir, tapi ini penting,” tambah Grander.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan antara tujuh dan delapan jam tidur untuk beristirahat sepenuhnya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

YesDok Ads