0 Point
Nutrisi

3 Tips Cukupi Kebutuhan Nutrisi saat Berpuasa

Selama bulan Ramadan, umat Islam di seluruh dunia berkewajiban untuk menjalani ibadah puasa. Puasa dimulai sejak terbitnya matahari, hingga tenggelamnya matahari, yang mana kira-kira berlangsung selama sekitar 12 jam. Saat berpuasa, seseorang tidak diperbolehkan untuk makan dan minum. Seseorang yang berpuasa juga harus bisa mengendalikan emosi dan hawa nafsu dari dalam dirinya.

Karena tubuh harus berpuasa selama 12 jam lamanya, maka tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang. Saat berpuasa, seseorang rentan mengalami dehidrasi, sembelit, hingga anemia. Mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi saat sahur dan berbuka sangat diperlukan, agar ibadah puasa tetap berjalan lancar tanpa gangguan.

Berikut ini ada 3 tips nutrisi penting yang sebaiknya Anda ikuti agar tetap sehat selama berpuasa:

Konsumsi makanan yang ringan saat baru berbuka puasa

Rasa lapar mungkin memang sudah sangat memuncak ketika menjelang waktu berbuka. Ini membuat banyak orang lapar mata, dan mulai kalap ketika waktu berbuka telah tiba. Hati-hati, saat berbuka usahakan untuk tidak langsung mengonsumsi makanan berat, dan batasi porsi makanan Anda. Langsung mengonsumsi makanan berat secara berlebihan bisa menyebabkan masalah pencernaan. Makanan yang ringan lebih mudah dicerna, sehingga bisa mencegah Anda mengalami gangguan pencernaan.

Makan buah dan sayur

Buah dan sayur dikemas dengan nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, buah dan sayur mengandung air, yang dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga menghindari Anda dari masalah dehidrasi ketika berpuasa.

Konsumsi makanan yang tinggi protein dan karbohidrat saat sahur

Makanan yang kaya protein dan karbohidrat kompleks dapat sangat baik untuk kesehatan, sehingga membuat Anda kenyang dalam waktu yang lebih lama. Oat, kacang-kacangan, dan lain-lain, bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda untuk disantap saat sahur.

(Foto: arabiaweddings.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok