3 Sebab Nyeri Perut Bagian Atas

September 07, 2020 | Claudia

Sakit perut

Sakit perut merupakan salah satu masalah kesehatan umum, yang terjadi pada banyak orang di segala usia. Perut bagian atas menampung beberapa organ vital, termasuk usus atas, kantong empedu, hati, dan pankreas. Meski banyak masalah yang menyebabkan sakit perut bagian atas seperti gas perut yang tidak terlalu serius, beberapa masalah lain mungkin memerlukan perawatan medis.

Beberapa kondisi bisa menyebabkan sakit perut bagian atas. Dalam banyak kasus, satu kondisi bisa menyebabkan kondisi lainnya, misalnya mag dapat menyebabkan gangguan pencernaan, atau batu empedu dapat menyebabkan gangguan fungsi hati.

Beberapa penyebab sakit perut bagian atas, yakni:

Gas

Gas perut terjadi secara alami di usus dan saluran pencernaan. Saat gas menumpuk, ini bisa menyebabkan perut seolah tertekan, kembung, dan begah. Infeksi virus, bakteri, diare, atau sembelit, bisa menyebabkan nyeri perut akibat gas menjadi lebih parah.

Nyeri akibat gas biasanya tidak serius, dan dapat diatasi dengan obat-obatan yang dijual bebas. Seseorang yang kerap mengalami masalah gas perut juga bisa mencoba makan lebih lambat untuk menghindari menelan udara terlalu banyak yang bisa mencegah masalah gas perut bertambah parah. Beberapa makanan juga bisa menyebabkan pembentukan gas perut, seperti kubis, brokoli, dan lain-lain.

Gas perut biasanya dapat hilang dalam beberapa jam tanpa pengobatan. Jika disertai demam, muntah yang tidak terkontrol, atau rasa sakit yang hebat, segera periksakan diri ke dokter.

Gastritis

YesDok Ads

Gastritis menyebabkan lapisan perut menjadi bengkak dan nyeri. Gastritis akut terjadi dalam jangka pendek dan datang dengan cepat, ini biasanya terjadi akibat infeksi bakteri seperti bakteri Helicobacter pylori. Beberapa kondisi yang mengiritasi lapisan lambung, bisa menyebabkan gastritis kronis.

Penyebab gastritis kronis meliputi:

  • Penyakit autoimun
  • Penyakit Crohn
  • Alergi
  • Infeksi virus pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah

Pengobatan dengan antibiotik biasanya dapat mengobati infeksi bakteri penyebab gastritis kronis. Namun bagi banyak orang, mengurangi makan makanan yang dapat menyebabkan asam lambung dapat membantu. Konsumsi obat pereda nyeri juga bisa membantu meredakan gejala, sedangkan obat-obatan yang melindungi lapisan perut dapat mencegah gejala semakin parah.

Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan adalah ketika ada sensasi terbakar di perut bagian atas dan terkadang hingga ke mulut atau tenggorokan. Bahkan nyeri juga bisa terjadi did ada.

Istilah medis untuk gangguan pencernaan adalah dispepsia. Biasanya muncul ketika ada terlalu banyak asam di perut, yang bisa terjadi setelah mengonsumsi makanan yang sangat asam. Gangguan pencernaan juga bisa terjadi akibat tukak lambung, refluks asam, atau bahkan kanker perut.

Gangguan pencernaan yang sangat menyakitkan atau terjadi dengan penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya, bisa menjadi tanda-tanda awal masalah yang lebih serius. Konsultasikan dengan dokter jika sakit yang timbul sudah parah dan sulit hilang.

YesDok Ads