0 Point
Gelatin

3 Rekomendasi Makanan yang Mudah Dicerna

Beberapa orang memiliki kondisi kesehatan yang membuatnya sulit mencerna banyak makanan. Menjalani diet sehat dengan makanan yang tepat akan sangat membantunya terbebas dari masalah pencernaan.

Ada beberapa masalah pencernaan yang umum terjadi, seperti refluks asam, maag, perut kembung, sakit perut, muntah, diare, dan sembelit. Ini dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah saat seseorang menderita sindrom iritasi usus besar, refluks asam, kehamilan, makan terlalu cepat, konsumsi obat-obatan tertentu, dan habis menjalani operasi gastrointestinal.

Tubuh membutuhkan berbagai nutrisi termasuk serat, protein, dan lemak setiap harinya. Sayang, dalam beberapa bentuk, nutrisi-nutrisi ini mungkin akan sulit dicerna.

Untuk itu, berikut kami rekomendasikan beberapa makanan dengan nutrisi yang baik dan mudah dicerna:

Telur

Telur rebus, telur dadar, telur orak-arik, hingga telur mata sapi, sangat mudah dibuat, dimakan, dan dicerna. Untuk itu, telur biasanya sangat cocok direkomendasikan pada seseorang yang baru sembuh dari infeksi virus perut atau saat mengalami mual.

Kuning telur mengandung lebih sedikit lemak dan lebih mudah dicerna. Jika Anda ingin memasak telur dadar atau telur orak-arik, maka cobalah untuk menambahkan susu rendah lemak alih-alih susu full cream. Ini karena lemak hewani biasanya sulit dikonsumsi bagi sebagian orang. Jangan lupa, sangat penting untuk memasak telur hingga benar-benar matang, karena telur mentah membawa risiko infeksi salmonella.

Gelatin dan agar-agar

Usai menjalani operasi, apakah Anda disajikan gelatin oleh pihak rumah sakit? Gelatin merupakan salah satu makanan yang mudah dicerna. Selain itu, Gelatin juga bisa membantu seseorang yang mengalami dehidrasi.

Gelatin merupakan salah satu produk makanan yang berbahan dasar hewani, sehingga bagi Anda yang menjalani gaya hidup vegan, maka gelatin mungkin tidak cocok untuk dikonsumsi. Sebaliknya, Anda bisa mengonsumsi agar-agar yang terbuat dari rumput laut dan memiliki tekstur yang serupa dengan gelatin. Agar-agar dapat memberikan energi dan cairan, namun agar-agar rendah kandungan protein.

Salmon

Salmon mengandung protein, asam lemak omega-3, dan berbagai jenis mineral dan vitamin B. Memasak salmon tanpa menambahkan lemak atau minyak, dapat membantu menjadikan salmon sebagai makanan yang mudah dicerna.

Selama masa kehamilan, sangat penting untuk memasak salmon hingga benar-benar matang, dan jangan lupa untuk membeli salmon hanya dari sumber yang sangat terpercaya. Ikan berlemak dan berminyak dapat mengandung merkuri yang tinggi, meski salmon biasanya rendah kandungan merkuri, namun tentu Anda perlu tetap berhati-hati.

Salmon mentah akan lebih sulit dicerna dibandingkan salmon yang sudah dimasak. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mengonsumsinya dalam kondisi matang sempurna.

(Foto: textureanalysisprofessionals.blogspot.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok