0 Point
Chia seed

3 Rekomendasi Makanan yang Aman untuk Gula Darah

Diet sehat baik untuk menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit. Bagi Anda yang tengah menderita diabetes, pradiabetes, atau berisiko tinggi mengalami diabetes, menjaga asupan makanan sangat penting untuk menghindari Anda dari kondisi lonjakan kadar gula darah yang berbahaya.

Ada beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi, sebab tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah, apa saja?

Chia seed

Chia seed mengandung tinggi serat dan lemak sehat, omega-3, kalsium, dan antioksidan. Penelitian telah menunjukkan, konsumsi rutin chia seed dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida.

Kadar indeks glikemik (IG) chia seed juga rendah, sehingga tergolong aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Tambahkan chia seed ke menu puding rendah gula untuk menambah cita rasa dan nutrisi di dalamnya.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau tinggi serat dan nutrisi, seperti magnesium dan vitamin A. Nutrisi ini jika dikonsumsi secara rutin, dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Beberapa sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi antara lain:

  • Bayam
  • Selada
  • Sawi
  • Lobak hijau
  • Kubis
  • Kangkung
  • Kale

Bawang putih

Bawang putih dapat membantu mengatur kadar gula darah. Laporan menunjukkan asupan bawang putih dapat menurunkan glukosa darah puasa, yang merupakan kadar gula darah Anda saat belum makan. Studi serupa juga menunjukkan bahwa bawang bombay memiliki efek positif pada kadar gula darah.

Bawang putih tidak memiliki peringkat IG karena tidak mengandung karbohidrat dan tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan bawang putih sebagai penyedap dalam berbagai hidangan makanan Anda.

(Foto: positivepranic.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok