0 Point
anemia

3 Pertanda Fisik Tubuh Mengalami Anemia

Salah satu gejala anemia yang paling umum adalah kelelahan, yang membuat orang sulit menyadari apa yang mereka alami sebenarnya adalah anemia.

"Beberapa orang bisa tanpa gejala. Keluhan paling umum yang dilihat dokter adalah kelelahan, dan banyak hal yang bisa menyebabkan kelelahan," kata Dr. Aaron Goodman, ahli hematologi dan profesor di UC San Diego Health.. 

"Ini sangat kurang terdiagnosis dan ketika kami memberikan zat besi kepada pasien dengan defisiensi, mereka merasa jauh lebih baik. Ini adalah perbaikan termudah di dunia." 

Tanda-tanda fisik anemia dapat bervariasi berdasarkan penyebab dan tingkat keparahannya. Perubahan pada kulit atau kuku Anda mungkin menjadi alasan untuk melakukan tes.

Berikut ini adalah sejumlah tanda fisik jika Anda mengalami gejala anemia:

Kulit yang berubah menjadi pucat

Mungkin saja kekurangan sel darah merah muncul di kulit Anda. Kepucatan juga bisa lebih terasa di area tubuh tertentu seperti konjungtiva, lapisan mata.

Namun, anemia bukan satu-satunya penjelasan untuk kulit pucat yang tidak normal. Untuk menyingkirkan penyebab potensial lainnya, cari gejala lain dan pertimbangkan untuk melakukan tes darah.

Anemia akibat kekurangan zat besi mungkin berhubungan dengan menstruasi, sebagai efek samping dari kehilangan darah bulanan, katanya.

Luka di sekitar mulut akibat kekurangan vitamin

Jika Anda melihat retakan atau luka di sekitar mulut Anda, itu mungkin terkait dengan salah satu dari beberapa jenis anemia defisiensi vitamin, akibat rendahnya kadar B12. Anemia defisiensi besi juga dapat menyebabkan sariawan.

"Tergantung jenis anemianya. Biasanya anemia stadium lanjut," kata Goodman.

Lidah yang bengkak

Pada tahap defisiensi nutrisi yang lebih lanjut, penderita anemia dapat mengembangkan tekstur dan tampilan lidah yang spesifik terkait dengan gangguan tersebut.

"Anda bisa mendapatkan lidah yang menebal dan mengkilap dengan bentuk tertentu. Saya bisa menghitung dengan satu tangan berapa kali saya melihatnya," kata Goodman. Pembengkakan bisa disertai dengan kemerahan atau nyeri juga.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok