0 Point
Gingivitis

3 Pengobatan Alami atasi Gingivitis

Pernahkah Anda menyikat gigi dan tiba-tiba keluar darah? Bisa jadi ini merupakan tanda atau gejala dari gingivitis.

Gingivitis merupakan suatu kondisi ketika terjadi pembentukan plak di mulut, ketika plak tidak dibersihkan secara teratur, bakteri dalam plak dapat tumbuh dan menyebabkan gusi membengkak. Inilah yang kemudian menyebabkan Anda berdarah ketika sikat gigi.

Tak hanya itu, gingivitis juga bisa menyebabkan gigi sensitif dan rasa sakit saat mengunyah makanan. Saat gingivitis menyebabkan rasa sakit yang sangat intens, maka ini harus segera diobati. Sebab jika terlambat, ini bisa menyebabkan kondisi lain yang lebih serius, yang disebut periodontitis. Saat mengalami hal ini, Anda bahkan bisa kehilangan gigi Anda!

Selain melakukan kunjungan dan pengobatan di dokter gigi, ada juga beberapa pengobatan alami yang bisa membantu mempercepat pengobatan Anda. Namun, alangkah baiknya jika Anda mengonsultasikan pengobatan ini terlebih dahulu ke dokter sebelum mencobanya.

Berikut kami bagikan tips mengatasi gingivitis untuk Anda:

Kumur air garam

Sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang kuat dalam garam dapat membunuh bakteri penyebab gingivitis dan mengurangi pembengkakan juga rasa sakit dengan cepat. Berkumurlah dengan 1 sendok teh garam yang dicampur ke dalam segelas air hangat beberapa kali dalam sehari untuk menghilangkan pembengkakan.

Mengunyah sayuran mentah

Tahukah Anda, makan sayuran mentah khususnya wortel, bisa membantu menguatkan gigi? Tak hanya itu, sayuran ini juga dapat membantu mencegah bau mulut. Sayuran mentah mengandung vitamin C dan D dalam jumlah yang tinggi, sehingga disebut-sebut dapat mengurangi terjadinya gingivitis. Mengunyah sayuran juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi pendarahan.

Konsumsi produk susu

Produk susu kaya akan kalsium yang baik untuk tulang dan gigi. Kalsium membantu menutup celah di gusi tempat bakteri tumbuh. Ini akan mengurangi pembengkakan dan pendarahan di gusi dengan segera. Konsumsilah produk susu seperti susu dan keju secara teratur, jika Anda mengalami masalah di gusi.

(Foto: geneseedental.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok