Diet
+1

3 Manfaat Telur untuk Ibu Hamil

April 16, 2021 | Claudia

Telur

Telur sering disebut makanan paket lengkap, karena di dalamnya terkandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Nutrisi penting seperti protein, lemak, mineral, dan vitamin terkandung dalam telur. Ini membuat telur menjadi salah satu makanan wajib, khususnya bagi ibu hamil yang membutuhkan banyak nutrisi.

Telur kaya akan selenium, seng, vitamin seperti vitamin A, D, dan beberapa vitamin B kompleks yang dibutuhkan selama kehamilan. Akan tetapi, Anda harus memastikan bahwa telur masih dalam kondisi yang baik dn aman untuk dikonsumsi. Simpanlah telur di dalam lemari es, dan pastikan telur tidak berbau saat Anda pecahkan. Anda juga harus memastikan bahwa putih telur masih bening seperti gel, dan tidak memiliki tekstur yang encer. Jika Anda sudah yakin bahwa telur masih dalam keadaan baik, maka Anda boleh untuk mengonsumsi telur tersebut guna mencukupi kebutuhan gizi Anda.

Berikut ini beberapa manfaat telur selama kehamilan yang perlu Anda ketahui:

Mengandung protein

Telur kaya akan protein yang sangat dibutuhkan selama kehamilan. Setiap sel bayi yang sedang tumbuh membutuhkan protein. Telur merupakan sumber protein yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

YesDok Ads

Bermanfaat untuk perkembangan otak

Selain mengandung vitamin dan mineral, telur juga mengandung kolin dan asam lemak omega-3 yang dapat membantu pertumbuhan bayi dan menjaga kesehatan otaknya secara keseluruhan. Ini mencegah cacat tabung saraf pada janin.

Mencukupi kebutuhan kalori

Ibu hamil harus mengonsumsi 200-300 kalori lebih banyak dari yang dibutuhkan orang biasa setiap harinya. Ini guna menyehatkan kondisi ibu dan bayi yang ada di dalam kandungannya. Telur mengandung sekitar 70 kalori yang sehat yang berguna untuk mencukupi kebutuhan kalori harian ibu hamil.

(Foto: bbc.com)

YesDok Ads