3 Manfaat Penggunaan Arang Aktif untuk Kesehatan

October 21, 2021 | Helmi

activated charcoal

Banyak orang yang mengkonsumsi activated charcoal atau arang aktif yang diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Meskipun ini bukan obat untuk semua masalah kesehatan, arang aktif memiliki beberapa manfaat kesehatan penting yang memiliki dukungan ilmiah. Beberapa manfaatnya antara lain:

Mengobati overdosis atau keracunan

Ada beberapa kasus di mana dokter mungkin menggunakan arang aktif untuk membantu zat melewati sistem pencernaan Anda tanpa diserap ke dalam tubuh Anda.

Seorang dokter mungkin mencampurnya dengan cairan manis dan meminta Anda untuk meminumnya atau memberikannya melalui selang yang masuk ke tenggorokan Anda.

Arang aktif tidak bekerja untuk semua zat beracun, tetapi dapat membantu menghilangkan overdosis: asetaminofen (Tylenol), aspirin, karbamazepin (Tegretol) dan metotreksat (Otrexup), Valproat (Depakote) dan sebagainya.

Mengurangi gas

Ada beberapa penelitian yang menyarankan arang aktif dapat meredakan gas, tetapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan. Ini mungkin karena arang dapat menjebak molekul gas dan membantunya keluar dari sistem Anda.

Salah satu cara peneliti dapat mengukur kelebihan gas dalam usus adalah dengan memindai perut pasien. Seberapa buram pemindaian dapat menunjukkan berapa banyak gas usus yang ada.

Sebuah studi kecil tahun 2012 terhadap pasien yang mengkonsumsi 448 mg arang aktif selama dua hari sebelum pemindaian, dan 672 mg pada pagi hari pemeriksaan memiliki pemindaian organ yang jauh lebih jelas, dibandingkan dengan pemindaian sebelumnya.

Sebuah studi tahun 2020 serupa menemukan bahwa mengambil arang aktif meningkatkan kejelasan pemindaian sebesar 63%.

Dan jika gas Anda kronis, yang terbaik adalah mengunjungi ahli gastroenterologi untuk mengeksplorasi akar masalahnya.

3. Menyaring air Anda

Banyak filter air populer menggunakan arang aktif. Ia bekerja sama di filter air seperti halnya di tubuh Anda - dengan mengikat bahan beracun dan menyaringnya keluar dari air Anda.

Filter arang aktif dapat menghilangkan: Klorin, Deterjen, Hidrogen sulfida, Yodium, Radon dan beberapa pestisida

Bahan kimia organik yang mudah menguap seperti pengencer cat, produk pembersih, dan bensin.

Namun, arang aktif tidak akan menghilangkan kontaminan tertentu seperti besi dan nitrat, dan Anda mungkin perlu menggunakan jenis filter lain untuk zat ini.

YesDok Ads