Diet
+1

3 Manfaat Kesehatan dari Buah Naga

December 29, 2020 | Claudia

Buah naga

Penampilannya yang unik, tekstur buahnya yang renyah, nilai gizinya yang tinggi, dan tentu, rasanya yang enak, merupakan hal-hal yang dikenal dari buah naga. Buah naga merupakan buah yang tumbuh pada kaktus Hylocereus. Kaktus ini berasal dari Meksiko Selatan dan Amerika Tengah, yang sekarang tumbuh di hampir seluruh dunia.

Menurut penelitian di World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, buah naga kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin B1, vitamin B12, vitamin E dan mengandung banyak kalium, magnesium, seng, dan fosfor. Buah ini juga memiliki kalsium, tembaga, dan zat besi dalam jumlah yang lebih kecil. Buah naga juga kaya akan senyawa tanaman bermanfaat seperti polifenol, flavonoid, karotenoid, betaxanthins, dan betacyanins.

Melihat sederet nutrisi ini, lalu apa saja manfaat kesehatan dari buah naga?

Meningkatkan kekebalan tubuh

Adanya vitamin C dan flavonoid dalam buah naga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan tubuh dari infeksi berbahaya. Karena vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air, ia dapat membantu melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

YesDok Ads

Menyehatkan pencernaan

Buah naga mengandung banyak serat yang dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dan refluks asam. Menurut sebuah penelitian di Electronic Journal of Biotechnology, buah naga kaya akan probiotik yang membantu meningkatkan pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat. Buah ini mengandung oligosakarida yang berfungsi sebagai prebiotik yang membantu meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus

Menurunkan risiko diabetes

Studi telah menunjukkan efek antidiabetes dari buah naga merah yang dapat dikaitkan dengan kandungan antioksidan dan serat makanan di dalamnya. Sebuah studi yang diterbitkan di PLOS ONE melaporkan bahwa buah naga dapat membantu meningkatkan kadar gula darah pada penderita pra-diabetes, namun, terdapat efek buah naga pada pasien diabetes tipe-2, yang kemudian diperlukan lebih banyak penelitian untuk lebih mendalami efek apa saja yang dapat ditimbulkan. Studi lain pada tikus dengan diabetes menemukan bahwa buah naga efektif dalam mengendalikan kerusakan oksidatif dan mengurangi kekakuan aorta.

(Foto: chowhound.com)

YesDok Ads