Diet
+1

3 Makanan yang Mudah Dicerna

November 04, 2020 | Claudia

Pisang

Beberapa orang memiliki kondisi kesehatan yang membuatnya kesulitan mencerna banyak makanan. Pilihan makanan sehat dibutuhkan, agar ia tidak mengalami masalah dengan pencernaannya.

Refluks asam, perut kembung, muntah, diare, sembelit, dan sakit perut, merupakan beberapa contoh masalah pencernaan yang membuat seseorang harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih makanan apa saja yang akan dikonsumsi. Tubuh kita membutuhkan banyak nutrisi, termasuk serat, protein, dan lemak. Namun dalam beberapa bentuk, nutrisi-nutrisi ini sulit dicerna.

Bagi orang-orang dengan masalah pencernaan, makanan apa saja yang sebaiknya diambil untuk menghindari kambuhnya atau bertambah parahnya masalah pencernaan yang ia miliki?

Berikut beberapa makanan yang mudah dicerna dan dapat membantu orang-orang dengan gangguan pencernaan:

Nasi putih

Nasi merupakan sumber energi dan protein yang baik, tetapi, tidak semua nasi mudah dicerna. Nasi dengan serat yang tinggi seperti nasi merah, justru bisa mengundang masalah pencernaan, seperti kembung, diare, dan gas perut.

Jika mencari makanan yang mudah masuk ke sistem pencernaan, maka nasi putih merupakan jawaban yang lebih baik dibandingkan nasi merah. Namun penting untuk diingat, pilihlah lauk yang tidak mengandung terlalu banyak lemak dan minyak, karena ini akan membuat perut tetap kesulitan dalam mencerna makanan termasuk nasi putih yang Anda makan.

YesDok Ads

Pisang

Pisang mengandung karbohidrat, serat, kalium, dan banyak vitamin juga mineral lainnya. Kebanyakan orang bisa mencerna pisang dengan baik, termasuk orang-orang dengan riwayat gangguan pencernaan. Pisang juga mengandung cairan yang baik untuk penderita diare atau sembelit.

Semakin matang sebuah pisang, semakin banyak karbohidrat yang diubah menjadi gula. Orang dengan diabetes mungkin perlu mempertimbangkan konsumsi pisang yang sudah terlalu matang, karena ini bisa memicu gula darah mereka naik.

Telur

Telur mudah diolah dan mudah ditemukan. Mengonsumsinya sangat aman, terutama bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan. Putih telur mengandung lebih sedikit lemak, dan lebih mudah dicerna. Namun, tak jarang pula orang dengan masalah pencernaan tetap dapat mentoleransi kuning telur ketika dimakan. Penting untuk diingat bahwa telur harus benar-benar dimasak hingga matang, karena mengonsumsi telur mentah atau telur setengah matang bisa meningkatkan risiko terinfeksi bakteri salmonella.

(Foto: indianexpress.com)

YesDok Ads