Diet
+1

3 Makanan Ini Dapat Tingkatkan Kadar Testosteron

December 18, 2020 | Claudia

Buah delima

Testosteron merupakan hormon seks pria yang berperan dalam kesuburan, fungsi sekual, kesehatan tulang, dan massa otot. Kadar testosteron seseorang dapat turun secara alami seiring bertambahnya usia. Namun, beberapa kondisi medis, pilihan gaya hidup, dan faktor lainnya juga dapat memengaruhi jumlah hormon ini dalam tubuh.

Beberapa perawatan medis dapat meningkatkan kadar testosteron yang rendah, terutama pada pria dengan usia yang lebih muda, tetapi perubahan pada pola makan dan gaya hidup juga dapat membantu seorang pria menaikkan kadar testosteron dalam tubuhnya. Beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan kadar testosteron adalah:

Jahe

Jahe biasa digunakan untuk mengolah makanan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa jahe juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pada pria.

Menurut sebuah studi tahun 2012, mengonsumsi suplemen jahe setiap hari selama 3 bulan dapat meningkatkan kadar testosteron sebesar 17,7 persen dalam kelompok yang terdiri dari 75 peserta pria dewasa dengan masalah kesuburan. Para penulis juga menyebutkan, bahwa jahe dapat meningkatkan kesehatan sperma dengan cara lain.

Penulis sebuah studi di tahun 2013 melaporkan bahwa jahe dapat meningkatkan kadar testosteron dan antioksidan dalam model tikus diabetes hanya dalam 30 hari.

Buah delima

YesDok Ads

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah delima, dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi stres. Selain itu, hasil penelitian dari tahun 2012 menunjukkan bahwa buah delima dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria dan wanita. Enam puluh peserta dalam kondisi sehat, meminum jus delima murni selama 14 hari, dan para peneliti menguji kadar testosteron dalam air liur mereka tiga kali sehari.

Di akhir masa studi, baik partisipan pria maupun wanita menunjukkan peningkatan rata-rata 24 persen dalam kadar testosteron saliva. Mereka juga mengalami perbaikan mood dan tekanan darah.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran seperti bayam dan kangkung kaya akan magnesium, yakni mineral yang dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Studi di tahun 2011 juga menemukan bahwa mengonsumsi suplemen magnesium selama 4 minggu, dapat memicu peningkatan kadar testosteron pada peserta yang kurang aktif secara fisik, dan pada mereka yang merupakan atlet. Bagaimanapun, peningkatan testosteron lebih signifikan pada peserta yang kerap aktif secara fisik.

Selain sayuran hijau, beberapa sumber magnesium yang baik lainnya adalah:

  • Kacang tanah dan lentil
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian

(Foto: timesofisrael.com)

YesDok Ads