Diet
+1

3 Kesalahan Diet Ini Bahaya Untuk Tubuh

February 06, 2022 | Aqiyu

diet yang salah

Impian Sebagian besar wanita dan pria memiliki tubuh yang langsing dan  berat badan ideal. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan tubuh idaman tersebut. Tidak jarang juga mereka melakukan diet ketat yang menyiksa agar dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

Diet sebenarnya bukan berarti Anda tidak makan sama sekali. Diet mengharuskan pelakunya mengatur pola makan dan menu makanan dengan mengatur berapa asupan ideal yang dibutuhkan setiap hari. Nah, supaya Anda terhindar dari diet yang salah dan tika mebuah hasil seperti yang Anda inginkan, berikut tiga kesalahan diet yang wajib Anda hindari:

Tidak mengonsumsi karbohidrat

Banyak orang yang memutuskan untuk berhenti mengonsumsi karbohidrat seperti nasi saat melakukan diet. Hal ini dilakukan guna mengurangi asupan kalori yang masuk ke tubuh. Menurut data Kemenkes, orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat sekitar 300-400 gr per hari. Bila kekurangan asupan karbohidrat maka gula darah akan menurun. Untuk itu, saat diet Anda tetap disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat, namun Anda bisa membatasinya sesuai kebutuhan.

 Tidak sarapan

Melewatkan makan pagi atau sarapan bukanlah ide yang bagus saat diet. Tidak makan pagi bukan berarti Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Justru sebaliknya, sengaja tidak makan pagi akan membuat Anda makan lebih banyak di sing hari dan membuat Anda mudah lapar. Selain itu, sebuah studi dari Harvard University mengatakan pria yang melewatkan sarapan memiliki risiko 27 persen lebih besar terkena serangan jantung. Nah, untuk itu sebaiknya Anda tetap sarapan meski dalam porsi yang kecil.

Begadang

Begadang tidak baik bagi segala aspek Kesehatan tidak terkecuali soal berat badan. Begadang berbahaya bagi tubuh karena saat tidur tubuh menghasilkan hormon melatonin dimana hormone ini mengatur ritme sirkadian. Selain itu, begadang dapat memicu Anda makan larut malam dan menimbulkan rasa lapar.

(Foto: levelhead)

YesDok Ads