Diet
+1

3 Jus Segar untuk Singkirkan Gangguan Menstruasi

November 19, 2020 | Claudia

Jus apel dan jeruk

Menstruasi merupakan kondisi biologis yang terjadi pada semua wanita yang telah melewati masa pubertas. Menstruasi biasanya terjadi antara 3 sampai 7 hari, dan ketika mengalaminya, seseorang juga bisa mengalami sejumlah gejala yang tak jarang membuat tidak nyaman. Gejala-gejala ini biasanya terjadi pada hari pertama menstruasi dan beberapa hari sebelum datangnya menstruasi atau premenstrual syndrome (PMS).

Pada masa PMS, hormon dalam tubuh wanita berfluktuasi, sehingga menyebabkan timbulnya sejumlah gejala. Beberapa gejala yang paling umum adalah perubahan pada nafsu makan, perubahan mood atau suasana hati, dan nyeri yang muncul di beberapa bagian tubuh.

Sulit memang terhindar dari gejala-gejala ini, namun, Anda bisa mengatasi ketidaknyamanan ini lebih cepat dengan mengonsumsi sejumlah jus segar yang juga baik untuk kesehatan tubuh Anda. Jus apa saja yang direkomendasikan untuk mengatasi gejala-gejala atau gangguan saat menstruasi?

Jus apel dan jeruk

Rutin mengonsumsi jus apel dan jeruk sebelum datangnya menstruasi, dapat membantu mengatasi kembung. Selain itu, jus ini juga baik untuk pencernaan, sehingga akan membantu Anda lebih sehat dan berenergi. Jus apel dan jeruk juga membantu mencegah munculnya jerawat yang berhubungan dengan siklus menstruasi.

YesDok Ads

Jus nanas dan wortel

Nanas mengandung bromelain yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu meredakan kram menstruasi. Sementara wortel membantu melancarkan aliran darah, meredakan nyeri menstruasi, dan menyingkirkan kelelahan yang juga kerap datang selama masa menstruasi

Jus apel, wortel, dan lemon

Mencampur apel, wortel, dan lemon menjadi segelas jus, dapat menyediakan kebutuhan harian akan kalium dan mineral berguna lainnya untuk meningkatkan mood Anda hingga sebesar 25 persen. Bagi Anda yang kerap dilanda perubahan mood saat masa PMS, maka jus ini patut dicoba.

(Foto: scienceline.org)

YesDok Ads