3 Herbal Alami yang Bisa Bantu Mengontrol Kadar Gula Darah

August 26, 2021 | Helmi

kayu manis

Ketika menderita diabetes, sangat penting untuk menjaga kadar gula darah yang sehat. Kadar gula darah yang tidak terkontrol dikaitkan dengan beberapa komplikasi. 

Pola makan dan gaya hidup sehat memainkan peran penting dalam pengelolaan diabetes tipe-2.

Ahli Gizi, Nmami Agarwal membagikan daftar herbal yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes ke dalam makanan mereka. 

Herbal ini sarat dengan banyak khasiat obat dan manfaat kesehatan. Beberapa herbal alami ini dapat membantu mengelola diabetes dan mengontrol kadar gula darah.

Kunyit

Menurut ahli gizi, kurkumin dalam kunyit adalah antioksidan kuat dan membantu mengobati komplikasi diabetes. Kunyit dapat menawarkan banyak manfaat bagi tubuh. 

Kunyit juga sarat dengan sifat anti-inflamasi. Anda dapat menambahkan kunyit ke dalam diet Anda dengan berbagai cara.

Kemangi

Daun kemangi biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai lalapan. Kemangi ternyata meningkatkan kekebalan dan memperkuat tubuh. 

Menurut ahli gizi, kemangi dapat membantu mengurangi kadar gula darah. Antioksidan dalam kemangi dapat mengurangi stres oksidatif. Kemangi juga dikenal dapat meningkatkan kesehatan mental.

Kayu Manis

Kayu manis memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri dan anti-jamur. Ini mengandung antioksidan dan juga efek anti-inflamasi. Menurut penelitian, kayu manis dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe-2. 

"Dari semua herbal, kayu manis adalah ramuan paling kuat yang mengandung polimer methyl hydroxy chalcone yang merangsang penyerapan glukosa," kata Agarwal.

Jika Anda penderita diabetes, makan makanan sehat dan libatkan latihan fisik secara teratur dalam rutinitas Anda untuk menjaga kadar gula darah yang sehat.

YesDok Ads