Diet
+1

3 Hal yang Bisa Membuat Anda Terus Merasa Lapar

April 21, 2022 | Claudia

Lapar

Apakah rasa lapar terus-menerus mengusik Anda? Ternyata, ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan Anda terus diganggu rasa lapar. Gaya hidup yang tidak sehat, tingkat stres yang tinggi, hingga masalah tiroid bisa menjadi penyebab di balik rasa lapar yang terus datang.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penjelasan mengapa Anda terus merasa lapar, meski sudah makan dalam porsi banyak:

Kurang minum air

Ketika mengalami dehidrasi, hipotalamus atau bagian otak yang bertanggung jawab atas rasa lapar dan haus, mengirimkan sinyal-sinyal campuran, memaksa Anda untuk berpikir bahwa Anda perlu mengunyah, padahal yang sebenarnya Anda butuhkan adalah minum segelas air. Hal ini terutama terjadi pada kondisi lapar di malam hari. Alih-alih makan, cobalah untuk minum segelas air, jika Anda diserang rasa lapar di malam hari.

Kurang tidur

Tidur dapat sangat memengaruhi nafsu makan. Ketika orang tidak cukup tidur, dua hormon utama yang mengendalikan rasa kenyang dan nafsu makan, yakni leptin dan ghrelin, mulai berubah. Jadi, Anda akan terdorong untuk lebih banyak makan ketika Anda belum cukup tidur. Untuk itu, benahi pola tidur Anda, pastikan Anda mendapat waktu tidur yang cukup selama 7-8 jam setiap hari, demi kesehatan tubuh Anda.

YesDok Ads

Relaksasikan pikiran

Stres bisa menyebabkan Anda terus merasa lapar. Ini karena ketika sedang stres, tubuh memproduksi hormon seperti adrenalin dan kortisol.

Saat tubuh mulai memproduksi lebih banyak hormon stres yang dapat menstimulasi kadar adrenalin sehingga bersirkulasi lebih tinggi, tubuh menuntut “bahan bakar” untuk dapat memberi kekuatan dan melindungi tubuh dari bahaya. Hal ini kemudian menghasilkan isyarat rasa lapar.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk bisa mengelola stres dengan baik. Rutinlah melakukan meditasi atau yoga, atau bahkan latihan pernapasan dalam. Ini bisa membantu merelaksasi pikiran dan mengurangi stres.

(Foto: thetimes.co.uk)

YesDok Ads