0 Point
Pilek

3 Cara Mudah Redakan Pilek

Pilek merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi pada banyak orang. Meskipun kondisi yang umum, tetap saja mengalami pilek dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada seseorang.

Pilek umumnya dapat cepat sembuh apabila Anda banyak beristirahat dan meminum obat jika diperlukan. Namun, jika Anda menghindari konsumsi obat terlalu sering, maka Anda bisa mencoba beberapa pengobatan rumahan berikut ini:

1. Mengonsumsi minuman panas

Meminum minuman yang panas atau hangat dapat membuat Anda merasa lebih nyaman saat mengalami pilek. Dan faktanya, ada beberapa penelitian yang mendukung hal ini.

Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan di Rhinology menemukan bahwa minum minuman panas membantu mengurangi gejala pilek. Studi tersebut mencatat bahwa minuman panas atau hangat tak hanya memberikan efek psikologis, namun juga memberikan reaksi fisik. Minuman panas atau hangat tersebut merangsang saraf yang terkait dengan rongga mulut dan hidung, yang dapat meredakan gejala pilek.

2. Menghirup uap panas

Ada beberapa cara berbeda untuk menghirup uap panas. Anda bisa menambahkan ramuan atau minyak esensial ke dalam air panas, menempatkan wajah Anda di atasnya, dan menghirup uapnya.

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Dental and Medical Sciences melihat cara menghirup uap yang mengandung berbagai zat aditif membantu mengobati gejala pilek.

Studi tersebut menemukan bahwa gejala pilek dapat lebih cepat membaik dan lebih efektif dengan menghirup uap panas.

3. Mandi air panas

Mandi air panas juga membantu Anda terbebas dari pilek. Ini karena Anda juga berkemungkinan untuk menghirup uap panas yang dihasilkan oleh air mandi Anda. Selain itu, mandi atau berendam dalam air panas juga membantu merelaksasi tubuh, sehingga membantu pemulihan lebih cepat.

(Foto: hellomagazine.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok