3 Cara Mudah Mengatasi Kaki Kesemutan

October 04, 2022 | Claudia

Mengatasi Kaki Kesemutan

Kesemutan merupakan kondisi yang umum terjadi pada area kaki dan tangan. Kondisi kesemutan digambarkan sebagai sensasi seperti geli atau ditusuk-tusuk, atau bahkan mati rasa pada bagian tubuh tertentu, termasuk kaki. Meski merupakan kondisi yang umum, namun kaki kesemutan kadang bisa juga menjadi tanda atau gejala dari kondisi kesehatan lainnya. Bagaimana cara mengatasi kaki kesemutan yang bisa Anda ikuti?

Kaki kesemutan umumnya terjadi ketika kaki berada dalam posisi yang canggung atau tidak nyaman dalam waktu yang lama, seperti saat duduk bersila, atau duduk di lantai dengan posisi yang tidak nyaman. Kesemutan adalah mekanisme tubuh untuk mengirim sinyal ke otak bahwa ada bagian tubuh yang membutuhkan aliran darah dan oksigen.

Ada beberapa cara mudah dalam mengatasi kaki kesemutan, yakni:

Menggerakkan kaki

Biasanya setelah duduk di lantai, terutama duduk bersila dalam waktu lama, kesemutan di kaki umum terjadi. Ini karena saat duduk bersila, aliran darah menuju kaki sedikit terhambat. Anda dapat mencoba meluruskan kaki Anda untuk mengatasi kesemutan, selain itu, cobalah gerakkan juga jari-jari kaki Anda. gerakan-gerakan ini dapat memicu aliran darah ke seluruh bagian kaki yang kesemutan.

Gunakan ukuran sepatu yang tepat

Selain karena duduk bersila yang terlalu lama, kaki kesemutan juga bisa terjadi akibat pemakaian alas kaki atau sepatu dengan ukuran yang tidak sesuai. Sepatu yang terlalu sempit bisa menyebabkan kesemutan. Selain itu, memakai kaus kaki atau stocking yang terlalu ketat juga bisa memicu kaki kesemutan.

Ganti sepatu Anda ke ukuran yang lebih nyaman, sehingga mengurangi tekanan pada kaki, dan aliran darah menuju kaki kembali lancar. Hindari juga pemakaian kaus kaki atau stocking yang terlalu ketat, karena ini juga dapat menghalangi aliran darah menuju kaki.

Lakukan pijatan

Memberikan pijatan pada kaki yang kesemutan, juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi kaki kesemutan. Mendapatkan pijatan pada kaki dapat membantu melancarkan aliran darah menuju kaki, sehingga akan mencegah terjadinya kesemutan.

Selain bisa mengatasi kaki kesemutan, pijatan juga dapat membuat tubuh dan pikiran lebih relaks, sehingga Anda bisa merasa lebih segar setelahnya.

(Foto: verywellhealth.com)

YesDok Ads