Diet
+1

3 Cara Minum Kopi yang Lebih Sehat

February 10, 2021 | Claudia

Kopi hitam

Kopi menjadi minuman favorit banyak orang di berbagai belahan dunia. Meski begitu, masih banyak saja pro-kontra seputar kopi. Apakah meminum kopi setiap hari sehat? Adakah efek samping jika terlalu banyak meminum kopi? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini selalu mencuat meski sudah banyak sekali penjelasan yang menjawabnya.

Jika Anda salah satu penggemar berat kopi, dan tak ingin kopi menjadi "racun" untuk tubuh Anda, maka satu-satunya jalan adalah dengan membuat kopi yang Anda minum menjadi lebih sehat. Namun, bagaimana caranya?

Hindari menambahkan terlalu banyak gula

Meski gula mungkin membuat cita rasa kopi menjadi lebih nikmat, namun, disarankan Anda tak menambahkan terlalu banyak gula ke dalam kopi Anda. Terlalu banyak gula dalam tubuh, bisa membuka jalan bagi obesitas, penyakit jantung, dan tentunya diabetes tipe-2.

Minumlah kopi hitam

YesDok Ads

Memang, saat ini pasar kopi didominasi oleh kopi susu yang tersedia di berbagai cafe yang kini menjamur di mana-mana. Padahal, mengonsumsi kopi hitam lebih disarankan dibandingkan mengonsumsi kopi susu. Kopi susu mengandung lebih banyak gula dan kalori, yang jika diminum setiap hari, bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Pilih kopi organik

Kualitas dan dampak kesehatan kopi merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan. Kualitas kopi tergantung pada faktor-faktor seperti metode pengolahan dan cara penanaman kopi. Studi menunjukkan bahwa kopi organik merupakan pilihan kopi terbaik karena dibuat dengan tidak menyemprotkan pestisida sintetis dan bahan kimia lainnya. Meski memang harganya menjadi sedikit lebih mahal, namun kesehatan Anda jelas lebih berharga untuk dilindungi, bukan?

(Foto: webmd.com)

YesDok Ads