3 Cara Mengurangi Kerontokan Rambut dan Mencegah Kebotakan

September 09, 2022 | Helmi

mengurangi kerontokan rambut

Meskipun tidak ada obat untuk kebotakan terkait usia pada pria, beberapa perawatan dapat membantu memperlambat kerontokan rambut dan bahkan menumbuhkan kembali rambut jika diketahui lebih awal.

Menurut Dr. Susan Massick, profesor dermatologi klinis di Ohio State University, ia sering melihat pasien yang mengalami kerontokan rambut dan para pria muda sangat memperhatikan cara pencegahannya. Yang paling penting untuk menjaga rambut sebanyak mungkin, katanya, adalah untuk mengetahui rambut rontok lebih awal.

Pola kebotakan pria terjadi terutama di garis rambut, pelipis, dan bagian atas kepala. Kerontokan rambut ini bisa terjadi secara perlahan, dan dia mengatakan penting untuk mengetahuinya sedini mungkin untuk menjaga sebanyak mungkin rambut.

Dr. Massick mengatakan bahwa diet seimbang dan minoxidil topikal adalah dua metode yang dia rekomendasikan kepada pasien untuk membantu mengobati kerontokan rambut dan kebotakan pada pria. Lebih lengkapnya, berikut ini cara untuk mencegah atau memperlambat kerontokan rambut pada pria menurut Dr. Massick.

Diet seimbang yang kaya protein dan zat besi

Dr. Massick mengatakan bahwa sementara kerontokan rambut bisa berasal dari stres dan penyakit autoimun yang disebut alopecia areata, sebagian besar pasiennya memiliki androgenic alopecia, atau pola kebotakan pria. 

Menurut Klinik Cleveland, diperkirakan 25% pria akan mengalami kerontokan rambut sebelum usia 21 tahun, dan 70% akan mengalami kerontokan rambut seiring bertambahnya usia.

“Pola kebotakan pria disebabkan oleh hormon dihydrotestosterone, atau DHT, yang menyusutkan folikel rambut, menyebabkan rambut tumbuh lebih tipis dan lebih mudah rontok,” jelas Dr. Massick.

Diet seimbang yang kaya protein dan zat besi dapat membantu menjaga rambut Anda tetap sehat dan kuat. Makanan seperti ayam, telur, yogurt yunani, dan daging sapi mengandung protein dalam jumlah tinggi, yang sebagian besar membentuk folikel rambut. 

Protein juga mengandung zat besi, yang membantu tubuh membawa oksigen ke sel-sel yang terkait dengan pertumbuhan rambut.

Beri tekanan sesedikit mungkin pada rambut Anda

Massick mengatakan untuk menghindari ketegangan pada rambut Anda bila memungkinkan. Seperti mengubah gaya rambut menjadi keriting, ekstensi, dan meluruskan rambut dapat memberi tekanan pada rambut Anda yang dapat membuatnya lebih mudah rontok.

Dia mengatakan mengurangi jumlah penataan rambut dan produk yang Anda gunakan juga merupakan ide yang bagus.

Penggunaan Minoxidil topikal dapat membantu mencegah kerontokan rambut bila digunakan secara teratur

Minoxidil adalah obat bebas yang menurut Dr. Massick telah terbukti membantu mencegah kerontokan rambut dan, dalam beberapa kasus, mendapatkan kembali rambut yang rontok. 

Minoxidil dianggap memperbesar folikel rambut dan meningkatkan fase pertumbuhan rambut tubuh. Dia mengatakan bagian terpenting dari penggunaan obat adalah konsistensi.

YesDok Ads