3 Cara Alami Usir Jerawat di Wajah

June 11, 2022 | Claudia

Jerawat

Masalah jerawat bisa membuat stres. Rasa sakit saat jerawat muncul, belum lagi bekasnya yang sulit dihilangkan, ini benar-benar bisa membuat siapa pun yang mengalaminya merasa sangat pusing.

Jerawat bisa terjadi dalam dua kondisi, yakni kondisi normal ataupun kronis. Umumnya jerawat muncul ketika ada fluktuasi hormon di dalam tubuh, misalnya saat masa premenstrual syndrome (PMS) atau saat menstruasi. Namun, ketika jerawat terus muncul di luar masa-masa itu, maka ini bisa menandakan jerawat sudah menjadi masalah yang kronis.

Melakukan perawatan kulit rutin merupakan suatu kewajiban bagi Anda yang kulitnya terus dihinggapi masalah jerawat. Namun, Anda juga bisa menambahkan perawatan kulit alami yang bisa membantu mengatasi masalah jerawat, seperti:

Madu

Madu sudah lama dikenal menyimpan manfaat untuk kulit. Banyak produk perawatan kulit yang menggunakan madu sebagai salah satu bahan dasar berkat nutrisinya yang bermanfaat untuk kulit. Madu bisa dimanfaatkan untuk menyamarkan bekas jerawat yang sulit hilang.

Caranya mudah, cukup oleskan madu secara merata ke permukaan kulit wajah, dan diamkan selama beberapa menit. Setelahnya, bilas kembali wajah Anda sampai bersih dengan air.

Lidah buaya

Lidah buaya tak hanya bermanfaat untuk rambut. Lidah buaya nyatanya juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit yang berjerawat. Kandungan vitamin A, E, dan C dalam lidah buaya, berperan penting untuk melindungi kulit dari radikal bebas akibat paparan polusi pada kulit wajah. Tak hanya untuk jerawat, kandungan enzim dalam lidah buaya juga bermanfaat untuk menghambat proses penuaan dini.

Air beras

Kandungan allantoin dalam air beras bisa membantu Anda yang memiliki masalah jerawat. Allantoin merupakan senyawa antibakteri yang bermanfaat dalam menenangkan kulit yang berjerawat.

Tak hanya itu, air beras juga baik bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Perawatan dengan air beras bisa membuat kulit tampak lebih cerah, dan juga mengatasi masalah minyak berlebih di kulit.

(Foto: eucerin.com)

YesDok Ads