3 Cara Alami Putihkan Gigi

June 01, 2021 | Claudia

Gigi putih

Apakah Anda mendambakan senyum sempurna dengan sederet gigi yang putih dan cantik? Gigi yang menguning sebenarnya hal yang wajar, seiring bertambahnya usia. Selain itu, gigi manusia sebenarnya memang tidak berwarna putih seperti kertas, melainkan putih layaknya tulang di bagian tubuh lainnya.

Meski gigi yang berubah warna atau menguning umumnya bukan masalah yang serius, namun kebanyakan orang tetap saja tidak menginginkannya, bahkan kondisi ini membuat mereka malu untuk tersenyum sekalipun.

Bagi Anda yang tak ingin memiliki gigi kekuningan, maka cobalah beberapa pengobatan alami ini:

Baking soda dan hidrogen peroksida

Menggunakan pasta gigi yang terbuat dari campuran baking soda dan hidrogen peroksida bisa membantu mengurangi kekuningan pada gigi. Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 2 sendok makan hidrogen peroksida, lalu oleskan secara merata pada gigi Anda.

Sebuah studi di tahun 2012 menemukan bahwa, penggunaan pasta gigi yang mengandung baking soda dan hidrogen peroksida dapat mengurangi noda di gigi dan membuat gigi kembali putih.

Vitamin C

YesDok Ads

Sebuah studi di tahun 2017 menemukan bahwa kekurangan vitamin C dapat memperburuk kondisi periodontitis, yang merupakan kondisi penumpukan bakteri pada gigi dan gusi. Penumpukan ini berkontribusi pada perubahan warna gigi.

Oleh karena itu, terus mencukupi kebutuhan vitamin C harian dapat sangat membantu mencegah perubahan warna pada gigi. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian apakah konsumsi vitamin C dapat memiliki efek untuk memutihkan gigi atau tidak.

Cuka sari apel

Jika digunakan dalam jumlah kecil, cuka sari apel dapat mengurangi noda pada gigi dan memperbaiki warna putih pada gigi. Sebuah studi di tahun 2014 menemukan bahwa cuka sari apel memiliki efek pemutihan pada gigi. Namun perlu dicatat, bahwa ini adalah studi yang dilakukan pada hewan.

Jika digunakan terlalu banyak atau sering, cuka sari apel justru bisa merusak permukaan gigi. Diperlukan lebih banyak penelitian tentang penggunaan cuka sari apel sebagai pemutih alami gigi. Namun jika Anda ingin mencobanya, pastikan Anda memakainya hanya dalam jumlah yang kecil dan tidak sering.

(Foto: meyerdentist.com)

YesDok Ads