Diet
+1

2 Jus Ini Bantu Redakan Sembelit

June 24, 2021 | Claudia

Jus apel

Semua jus buah dan sayuran mengandung air dan nutrisi, beberapa juga mengandung serat yang baik untuk tubuh. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik dapat membantu meredakan sembelit, dan jus bisa menjadi pilihan terbaik.

Sembelit terjadi ketika seseorang buang air besar (BAB) kurang dari tiga kali dalam seminggu. Kotoran yang tertinggal di saluran pencernaan akan mengeras seiring waktu, sehingga sulit dan menyakitkan saat dikeluarkan. Meminum obat pencahar bisa membantu mengatasi sembelit, namun, terlalu sering meminumnya pun tidak disarankan, mengingat efek samping yang bisa diberikan.

Sementara jus terbuat dari bahan-bahan alami, yang bisa lebih minim efek samping, sehingga aman untuk diminum meskipun sering. Beberapa jus yang baik dalam mengatasi sembelit yakni:

Jus lemon

Lemon kaya akan vitamin C, senyawa antioksidan yang dapat menarik air ke dalam usus. Meningkatkan kadar air di dalam usus dapat membantu melunakkan feses dan merangsang buang air besar. Dehidrasi ringan dapat menyebabkan sembelit. Meningkatkan asupan air dapat membantu meredakan sembelit. Meminum campuran lemon dan air dapat membantu meringankan sembelit. Namun, jus lemon tidak disarankan bagi Anda yang memiliki riwayat masalah asam lambung atau GERD.

YesDok Ads

Jus apel

Mengonsumsi jus apel dapat membantu meredakan sembelit, karena mengandung serat makanan dan sorbitol yang tinggi. Apel juga mengandung vitamin C, kalsium, dan vitamin A yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, pektin, yang merupakan serat larut dalam air, juga hadir di dalam buah apel dan bermanfaat dalam meningkatkan pergerakan usus.

Jus apel juga mengandung fruktosa dalam jumlah yang relatif tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Untuk itu, minum jus apel dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada pencernaan bagi orang-orang yang memiliki usus sensitif.

(Foto: blog.hellofresh.com)

YesDok Ads