10 Pedoman Gizi Seimbang yang Wajib Diketahui

November 29, 2021 | Aqiyu

Gizi seimbang

Sibuk dalam bekerja terkadang membuat seseorang abai terhadap kesehatannya. Hal kecil yang seringkali diremehkan adalah makan tepat waktu. Atau terkadang makan makanan seadanya tanpa memerhatikan kandungan nutrisi dan gizi makanannya dan mengonsumsi makan makanan yang tidak bervariasi.

Mobilitas yang tinggi membuat pekerja seolah-olah tidak memiliki banyak waktu untuk menikmati makanannya. Sebab itu, banyak orang yang tidak mendapatkan gizi seimbang. Gizi seimbang adalah asupan makanan sehari-hari berdasarkan jenis dan jumlah gizinya yang disesuaikan dengan kebutuhan harian. Berikut ini 10 pedoman gizi seimbang yang wajib diketahui seperti dilansir dari Kemenkes:

  1. Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok.
  2. Batasi mengonsumsi makanan manis, asin, dan berlemak.
  3. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan ideal.
  4. Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi.
  5. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.
  6. Membiasakan sarapan pagi.
  7. Minum air putih yang cukup dalam sehari.
  8. Mengonsumsi banyak buah dan sayur.
  9. Membiasakan membaca label kemasan makanan.
  10. Menikmati makanan yang disantap tanpa makan terburu-buru.

Pentingnya menjaga gizi seimbang dalam asupan sehari-hari sangat berpengaruh pada pola hidup sehat di masa depan. Selain itu, memenuhi gizi yang seimbang bukan berarti mengonsumsi makanan yang mahal. Tidak perlu memilih makanan mahal, karena makanan sederhana seperti tahu dan tempe mengandung protein yang baik untuk memenuhi gizi dalam tubuh.

YesDok Ads

Harus dipahami pula bahwa tubuh perlu asupan gizi, mineral, vitamin, dan serat yang seimbang guna optimalisasi proses metabolisme tubuh. Gizi seimbang bisa Anda dapat dengan mengonsumsi makanan dalam kadar seimbang yakni antara lauk pauk, sayuran dan buah, serta waktu makan yang sesuai.

(Foto: freepik)

YesDok Ads